Selasa, 30 Juli 2013

Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping

Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping
Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping - Dari beberapa pengertian housekeeping tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping sangatlah penting bagi mahasiswa/mahasiswi ataupun pelajar yang yang sekarang ini banyak mempelajari di materi Pendidikan Perhotelan. Nah,,hari ini Blog CJDW akan menjelaskan step by step tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen HousekeepingOke sobat inilah beberapa tugas dan tanggung jawabnya housekeeping di dalam hotel

1. Tugas Dan Tanggung Jawab Manajemen

Di lingkungan kerja Departemen Housekeeping meliputi tenaga dan material/bahan-bahan mahal, maka departemen Housekeeping harus melakukan hal-hal sebagai berikut :
-Mengadakan supervise dan latihan terhadap karyawan sehingga tercapai efisiensi tenaga secara optimal.
-Memilih dan menentukan cleaning equipment & cleaning material yang sesuai dengan kebutuhan.
-Selalu mengadakan inventarisasi terhadap semua barang.
-Mengusahakan terbinanya kerja sama antar semua departemen.
-Mengusahakan system komunikasi yang baik.

2. Tanggung Jawab Terhadap Tamu
-Menciptakan ruangan yang comfortable (Menyenangkan)
-Mengusahakan ruanganyang terjamin kebersihan dan keamanannya (Hygiene & Safety).
Misalnya :
a.Karpet tidak boleh berlipat-lipat.
b.Air yang menggenang harus segera di keringkan.
c.Kaca yang terlalu bersih harus di beri tanda.
d.Memperhatikan hal-hal kecil tetapi penting, misalnya ruangan yang gelap, kursi-kursi yang melintang, lantai yang terlalu licin maupun puntung rokok yang masih menyala.

3. Tanggung Jawab Terhadap Departemen Lain
-Terhadap departemen Front Office : Menjalin komunikasi timbal-balik yang baik dimana front office berfungsi menjual produk Housekeeping.
-Terhadap departemen Food & Beverage : Menciptakan ruangan-ruangan retoran dan Public Area yang bersih termasuk segala keperluan untuk memasak dan keperluan linen.
-Terhadap departemen Engineering & Maintenance : Menciptakan komunikasi timbal balik yang baik dengan departemen Engineering & Maintenance, agar setiap kerusakan secepatnya dapat di perbaiki supaya kamar segera siap di gunakan oleh tamu yang akan menginap di kamar Hotel.

4. Tanggung Jawab Terhadap Staff
-Saling membantu dan menunjang tanpa mengurangi wewenang masing-masing.
-Saling menghargai dan disiplin.

Oke lah Sobat semoga artikel diatas tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping akan sangat bermanfaat untuk sobat pelajari di kemudian hari maupun sekarang. Tak lupa Saya sangat berterima kasih khususnya kepada Sobat Blog CJDW atas kunjungan perdananya.

0 comments:

Posting Komentar



Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan sarannya saya harapkan utuk membantu pengembangan website saya, Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kotak komentar.