BERBAGAI TYPE AKOMODASI PADA HOTEL

Respons: 0 komentar
Berbagai Type Akomodasi Pada Hotel
Berbagai Type Akomodasi Pada HotelHay sobat blogger, kali ini Blog CJDW berbagi pengalaman dan tips-tips tentang Berbagai Type Akomodasi Pada Hotel. Beberapa mahasiswa di Perkuliahan Housekeeping hampir setiap hari bahkan setiap ujian selalu browsing di mbah Google berjam-jam demi mencari sebuah informasi tentang Petunjuk Praktek Housekeeping. Kali ini BlogCJDW akan menjabarkan secara lengkap tentang Housekeeping yaitu salah satunya Berbagai Type Akomodasi agar sobat blogger mengerti dan jelas tentang isi artikel di bawah ini. Langsung aja sob,,,Saya akan menjelaskan secara rinci dan lengkap tentang Berbagai type akomodasi pada Hotel.

Akomodasi yaitu tempat penginapan/tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian jauh.Menginjak pada perkembangan jaman akomodasi bukan hanya sekedar sarana tempat tinggal sementara bagi orang orang yang bepergian jauh, melainkan pengertian akomodasi sudah berkembang pesat mengarah ke pemenuhan keutuhan lainnya, seperti makan, minum, tour/rekreasi, sport, dan lain sebagainya. Perkembangan ini sangat mempengaruhi jenis dan berbagai macam fasilitas yang yang sudah di sediakan oleh setiap Pengusaha Akomodasi.
Type Akomodasi yang sekarang saat ini yaitu bermacam-macam, sesuai tujuan dan alasan untuk apa dan mengapa orang yang bepergian jauh dari rumahnya sangat membutuhkan sarana akomodasi.
Type akomodasi yang ada sekarang ini yaitu sebagai berikut :
1.      Hotel
Kata hotel sudah mulai digunakan sejak abad 18 di London, Inggris, sebagai Hotel Grani yaitu rumah besar yang di lengkapi dengan sarana tempat menginap/penyewaan secara harian, mingguan, bahkan bulanan. Kata Hotel sendiri meruoakan perkembangan dari bahasa perancis yaitu Hostel yang di ambil dari bahasa latin Hospes, dan di perkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 1797. Sebelumnya istilah Hotel di gunakan di Inggris, rumah-rumah penginapan bagi orang yang bepergian di sebut Inn.

Definisi Hotel
Hotel adalah salah satu bentuk Akomodasi yang di kelola secara komersial, yang sudah di sediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan.
Dari pengertian kata Hotel di atas dapat di jabarkan bahwa :
-       Hotel adalah suatu usaha komersial.
-       Hotel harus terbuka untuk umum.
-       Hotel harus memiliki suatu system pelayanan (Service).
-       Hotel harus memiliki 3 fasilitas: Akomodasi, makanan, minuman.
                         
2.      Motel/Motor Hotel
Motel pertama kali di perkenalkan di Amerika Serikat atas dasar permintaan pasar yaitu kenyataan adanya kebutuhan akan penginapan sementara bagi bagi orang yang bepergian jauh dengan kendaraannya sendiri, sebelum ia melanjutkan perjalanannya kembali.
Motel saat ini juga mengalami perkembangan pesat sesuai dengan permintaan orang yang menginap dan oleh adanya persaingan antara pengusaha Motel sendiri untuk meningkatkan mutu.

Definisi Motel
Dari pengertian Motel di atas dapat di jabarkan bahwa setiap Motel harus memiliki :
-       Kamar sederhana dengan kondisi yang menyenangkan, ada TV/Video, dapur, lemari es, dan peralatan makan.
-       Restoran sederhana dengan pelayanan cepat.
-       Restoran lain yang tingkatannya lebih tinggi.
-       Tempat parker yang cukup luas.
-       Jalan keluar dan masuk ke Hotel yang mudah di lalui oleh kendaraan yang datang maupun pergi.
-       Lokasi yang berdekatan dengan SPBU (pompa bensin).
-       Untuk type motel tertentu misalnya Resort Motel, dapat di tambah dengan fasilitas olah raga missal: kolam renang, rekreasi laut, dan ruang Fitnes.
-       Fasilitas tambahan lain yaitu Loundry, arena main anak-anak, dan lain-lain.

3.      Boarding House, Guest House, Pension de Famille
Di Indonesia, Bourding House kira-kira sama dengan Wisma yang di sewakan.

4.      Hotel Garni, Bed & Breakfast Establishments
D Indonesia Hotel Garni bisa di katakan dengan Losmen dengan definisi yang telah ditetapkan pemerintah. Kini istilah Losmen telah berganti yaitu Hotel Melati (keputusam menteri pariwisata, pos dan telekomunikasi: Nomor, KM 70/PW 304/MPPT-89 tentang perubahan istilah Losmen pasal 22, dan pasal 24 keputusam Menteri Pariwisata, Pos dan telekomunikasi nomor KM/PW.304/MPPT-85 tentang peraturan usaha dan penggolongan Losmen).

5.      Holidy Villages
Di Indonesia merupakan pengenbangan dari bumi perkemahan yaitu pengembangan dari betuk akomodasi kemah menjadi akomodasi permanen. Contohnya adalah Club Mediteranee yang di kelola oleh Perusahaan Internasional.

6.      Condominium Hotel
Definisi Condominium Hotel dapt di jabarkan bahwa condominium hotel di miliki oleh beberapa orang yang berbeda. Misalnya lantai 1 di miliki oleh si A, lantai 2 di miliki oleh si B, dan seterusnya, sedangkan pengolahannya pada umumnya seperti hotel biasa yaitu di serahkan kepada pihak lain.

7.      Apartotel, Apartemen Hotel, Residen Hotel
Sistem Apartotel ini di mulai di Spanyol pada tahun 1970.
Definisi Apartotel yaitu suatu kelompok unit tinggal yang tergabung dalam suatu bangunan, yang umumnya tersusun ke atas (Bertingkat) dan dapat di sewakan/di miliki.

8.      Camping Sites (Bumi Perkemahan)
Camping Sites dapat di bagi menjadi 4 kelompok :
-       Camping sites untuk transit
-       Camping sites weekend (Liburan Akhir Pekan)
-       Camping sites untuk Holoday (Liburan)
-       Camping sites untuk Tourist use (Wisatawan)

9.      Private Hotel
Type akomodasi ini semacam Hotel kecil dan umumnya di bangun di sebuah Resort (Tempat Peristirahatan).

10.    Hostel
Hostel adalah tempat penginapan yang murah namun di lengkapi dengan fasilitas pelayanan terbatas untuk makan dan minum, khusus bagi tamu/pengunjung yang datang berjalan kaki, naik motor/mobil.

11.    Caravan Sites
Pada dasarnya Caravan Sites memiliki sitem yang sama dengan Bumi Perkemahan, hanya saja area yang di buat tidak untuk tenda tetapi untuk Caravan yang di bawah dan di miliki oleh orang yang bepergian. Caravan sendiri adalah sejenis kereta gandeng yang di rancang khusus untuk tempat penginapan dan di lengkapi dengan fasilitas lain yang terbatas, misalnya lemari, kompor kecil, dan lain sebagainya.

12.    Marina, Boatel, Nautel
Definisi Marina, Boatel, Nautel dapat di jelaskan bahwa Marina merupakan bangunan permanen yang berada di atas air dan memiliki jalan masuk yang di buat seperti jalan masuk ke kapal, sehingga mengesankan seperti pelabuhan kecil. Bentuk bangunannya seperti Hotel biasa atau kapal diam yang di modifikasi seperti layaknya Hotel.

13.    Floating Hotel, Cruiser, Passanger Ship, House Boat, Marine Hotel, Aquatel
Floating Hotel adalah bentuk penginapan yang terdapat pada daerah tepi sungai,terusan atau laut dengan cirri-ciri khusus antara lain menggunakan perahu atau kapal laut berlayar.


Naah, sekarang sobat blogger sedikit banyak lebih tahu kan salah satu Materi Perkuliahan yaitu Berbagai Type Akomodasi Pada Hotel. Jika ada kekurangan dalam artikel ini mohon di share atau komentarnya, yang namanya manusia memiliki pengalaman yang terbatas, oke kawan ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Copyright © Blog CJDW

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog