Minggu, 07 Januari 2024

Perbedaan Antara Housekeeping dengan Cleaning Service

     Perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service - Jasa Housekeeping dan Cleaning Service adalah tugas menjamin kebersihan dan ketertiban pada suatu ruangan tertentu. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua tugas tersebut.

     Apa perbedaan layanan tata graha dan pembersihan? kedua profesi tersebut berkaitan sangat erat dengan akomodasi. Jika anda menginap di Hotel, anda juga bisa bertemu mereka berdua disana,. Lantas, apa Pengertian Housekeeping dan Cleaning Service, serta apa perbedaan keduanya?

Housekeeping

Pengertian Housekeeping

     Housekeeping terdiri dari dua kata: "House" yang berarti "Rumah'' dan "Keeping'' yang berarti "Pemeliharaan''. Housekeeping, berdasarkan kombinasi kata, mengacu pada orang atau departemen yang mengelola penginapan, rumah, atau hotel. Di bagian ini Anda dapat mempersiapkan semua yang Anda butuhkan selama menginap.

     Menurut tata bahasa Indonesia, juga mempunyai arti lain. Housekeeping mengacu pada pekerjaan rumah tangga. Artinya, departemen housekeeping tidak hanya memelihara properti, tetapi juga membersihkan dan merawat seluruh ruangan di dalam properti. Oleh karena itu, misinya sangat luas. Menurut UU Nomor 13 Tahun 2000, jam kerja PRT adalah 8 jam per hari. Jam kerja biasanya dibagi menjadi beberapa shift. Biasanya ada tiga shift, dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Waktu makan siang pukul 14.00 hingga 22.00 dan waktu makan malam pukul 22.00 hingga 06.00. Namun alokasi ini bergantung pada kebijakan hotel yang diambil.

Pengertian Cleaning Service

     Arti dari cleaning service dapat diambil dari istilah "Cleaning" yaitu Keberdihan dan "Service" yaitu Layanan. Pembersihan mengacu pada kebersihan dan layanan.
Oleh karena itu, cleaning service dapat diartikan sebagai suatu jasa layanan yang diberikan oleh seseorang untuk membersihkan suatu ruangan atau suatu tempat atau area tertentu.

     Di akomodasi seperti hotel, layanan kebersihan biasanya bertanggung jawab membersihkan area tertentu. Misalnya kamar mandi, ruang tamu, dll. Tugasnya antara lain mengepel lantai, menyapu debu, membersihkan toilet, dan membuang sampah. Petugas layanan Cleaning Service ini menjalankan pekerjaannya dengan andal karena membawa nama perusahaan. Dengan kata lain, tanggung jawab dan kualitas pekerjaan harus terjamin. Pemilik penginapan biasanya juga memberikan pelatihan dan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan bersih-bersihnya.


Perbedaan Antara Housekeeping dengan Cleaning Service
Cleaning Service


Perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service

     Layanan Housekeeping dan Cleaning Servis seringkali disamakan oleh beberapa orang. Sekalipun terdapat perbedaan tanggung jawab, ruang lingkup pekerjaan, jam kerja, dan gaji. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Baca juga: Macam-macam Tempat Tidur Tamu Hotel

1. Tanggung Jawab

     Pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab yang lebih besar. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang dilakukan lebih kompleks dan beragam dibandingkan jasa kebersihan. Tugas seorang Cleaning Service adalah memelihara seluruh ruangan atau area tertentu. Di sisi lain, perusahaan Housekeeping hanya bekerja untuk membersihkan dan merapikan ruangan.

2. Cakupan Pekerjaan

     Ruang lingkup housekeeping tidak terbatas pada jasa kebersihan saja. Seorang pengurus rumah tangga atau Housekeeping adalah mengelola semua area hotel, apartemen, dll, termasuk kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dan area umum lainnya. Layanan Cleaning Service fokus pada pembersihan ruangan tertentu seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang keluarga.

3. Jam Kerja

     Dibandingkan dengan Departemen Housekeeping, cakupan pekerjaan di housekeeping lebih luas, sehingga jam kerja umumnya lebih lama. Pembantu rumah tangga harus tersedia 8 hingga 10 jam sehari, 6 hingga 7 hari seminggu, tergantung kebutuhan dan keinginan tamu. Berbeda dengan jasa layanan cleaning service yang hanya bekerja beberapa jam saja, khusus membersihkan atau merapikan area tertentu.

4. Gaji

     Dalam dunia kerja, karyawan dengan tanggung jawab lebih besar juga menerima gaji lebih tinggi. Itulah perbedaan antara housekeeping service dan cleaning service. Gaji pembantu rumah tangga biasanya lebih tinggi dibandingkan gaji petugas kebersihan. Hal ini disebabkan karena tugasnya lebih banyak dan kompleks serta memerlukan keterampilan dan pengalaman yang lebih luas.

Inilah penjelasan tentang Perbedaan antara Housekeeping dengan Cleaning Service. Keduanya memegang peranan penting pada penginapan dan hotel untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan para tamu.

0 comments:

Posting Komentar



Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan sarannya saya harapkan utuk membantu pengembangan website saya, Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui kotak komentar.